Alina Said, S.Pd.

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Teknik Penilaian Keterampilan K.13 Beserta Contoh Kegiatannya
Tantangangurusiana Hari ke-30

Teknik Penilaian Keterampilan K.13 Beserta Contoh Kegiatannya

Assalamuallaikum Wr.Wb..

Untuk tantangan hari ini, penulis akan mencoba berbagi pengalaman tentang teknik penilaian keterampilan kurikulum 13. Seperti kita ketahui, pelaksanaan penilaian keterampilan tidak terlepas dari pada Kompetensi Dasar yang ada pada standar isi, yang terdapat pada Permendikbud No.37 tahun 2018, dan membelajarkannya pun pada siswa musti secara berurutan dan tidak boleh dipilih - pilih mana yang kita sukai. Jika kita telah memberikan materi KD 3.1 tentang pengetahuan selanjutnya kita berikan KD 4.1 untuk keterampilan karena kedua KD tersebut adalah berpasangan dan sangat berkaitan untuk pencapaian suatu tujuan kompetensi pembelajaran.

Untuk lebih jelasnya sebaiknya kita mengetahui pengertian daripada keterampilan itu terlebih dulu, dan apa bentuk jenis keterampilan yang bisa kita berikan pada siswa, tentu hal ini sesuai juga dengan tuntutan KD keterampilan yang diminta.

1. Pengertian Penilaian Keterampilan

Penilaian keterampilan adalah penilaian yang dilakukan untuk mengukur kemampuan peserta didik dalam menerapkan pengetahuan dengan melakukan tugas tertentu di berbagai macam konteks sesuai dengan indikator pencapaian kompetensi.

Penilaian keterampilan dapat dilakukan dengan teknik, antara lain penilaian praktik, penilaian produk, penilaian proyek, dan penilaian portofolio. Teknik penilaian keterampilan yang digunakan dipilih sesuai dengan karakteristik KD pada KI-4.

2. Teknik Penilaian Keterampilan

Teknik penilaian keterampilan dapat digambarkan pada skema berikut.

Teknik-teknik penilaian keterampilan tersebut, dapat penulis uraikan sebagai berikut :

a) Penilaian Praktik

Penilaian praktik adalah penilaian yang menuntut respon berupa keterampilan melakukan suatu aktivitas sesuai dengan tuntutan kompetensi. Dengan demikian, aspek yang dinilai dalam penilaian praktik adalah kualitas proses mengerjakan/melakukan suatu tugas. Penilaian praktek lebih mengacu kepada skiil nyata secara langsung dari peserta didik untuk mendapatkan gambaran capaian dari pengetahuan yang diperolehnya.

Contoh penilaian praktik adalah membaca karya sastra seperti cerpen , berpidato , baca puisi, mendongen, praktek peralatan laboratorium, memainkan alat musik, bermain bola, bermain tenis, menyanyi, menari, dan sebagainya.

b). Penilaian Produk

Penilaian produk adalah penilaian terhadap keterampilan peserta didik dalam mengaplikasikan pengetahuan yang dimiliki ke dalam wujud produk dalam waktu tertentu sesuai dengan kriteria yang telah ditetapkan baik dari segi proses maupun hasil akhir. Penilaian produk dilakukan terhadap kualitas suatu produk yang dihasilkan.

Contoh penilaian produk adalah membuat sebuah kerajinan, membuat karya sastra, membuat sebuah laporan percobaan , menciptakan tari, membuat lukisan, membuat naskah drama, dan sebagainya.

c). Penilaian Projek

Penilaian projek adalah suatu kegiatan untuk mengetahui kemampuan siswa dalam mengaplikasikan pengetahuannya melalui penyelesaian suatu instrumen projek dalam periode/waktu tertentu. Penilaian projek dapat dilakukan untuk mengukur satu atau beberapa KD dalam satu atau beberapa mata pelajaran. Instrumen tersebut berupa rangkaian kegiatan mulai dari perencanaan, pengumpulan data, pengorganisasian data, pengolahan dan penyajian data, serta pelaporan.

Penilaian projek bertujuan untuk mengembangkan dan memonitor keterampilan siswa dalam merencanakan, menyelidiki dan menganalisis projek.

Contoh penilaian projek adalah melakukan investigasi terhadap jenis keanekaragaman hayati Indonesia, membuat makanan dan minuman dari buah segar, membuat gerak tari berdasarkan level dan pola latih sesuai iringan, mencipta rangkaian gerak senam berirama, dan sebagainya.

d). Penilaian Portofolio

Penilaian portofolio merupakan teknik untuk melakukan penilaian terhadap aspek keterampilan. Dalam panduan ini portofolio merupakan kumpulan sampel karya terbaik dari KD – KD pada KI-4. Sampel tersebut pada dasarnya dikumpulkan dari produk yang dihasilkan dari penilaian dengan teknik projek maupun produk. Portofolio digunakan sebagai salah satu data penulisan deskripsi pencapaian keterampilan. ( Sumber : Modul Pembelajaran dan penilaian K.13 )

Suger, 3 Juni 2020

# Salamiterasi

# Gurusiana menulis

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

terimakasih ulasannya, buSukses buat ibu selalu.

14 Nov
Balas

Terima kasih Bunda ulasannya.

14 Nov
Balas

Mantap bu. Sangat menginspirasi dan bermanfaat sekali.

03 Jun
Balas

Terima kasih Bu, Nel. Salam.Aamiin

03 Jun

Keren bun tentang penilaian sangat bermanfaat

12 Jun
Balas

Terima kasih sudah berbagi ilmu. Sukses selalu Bunda Alina

12 Dec
Balas

Ini artikelnya sudah lama Bunda. Kenapa diupdate lagi,ya? Tulisan ini untuk berbagi ilmu saja ilustrasinya diambil dari internet sebagai inspirasi saja, bagaimana kekompakkan siswa dalam bekerja dalam kelompok untuk pencampaian tujuan pembelajaran.

12 Dec



search

New Post